Cara Mudah dan Ampuh dalam Mengatasi Kram Perut Saat Haid

Cara Mudah dan Ampuh dalam Mengatasi Kram Perut Saat Haid

Kram perut yang dialami perempuan sebelum dan saat haid tentu sangatlah menyiksa. Rasa sakit yang dirasakan pun berbeda-beda. Ada rasa sakit yang masih tertahankan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, namun ada pula yang menimbulkan gejala seperti mual, pusing hingga hilang kesadaran.

Cara Atasi Kram Perut Saat Haid

Sakit yang dirasakan wanita haid biasanya terletak di perut bagian bawah dengan rasa seperti di tusuk-tusuk. Rasa sakit ini bisa menyebar ke punggung dan paha. Untuk mengatasi dan mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari kram perut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Selengkapnya, bisa simak ulasan berikut ini.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Banyak minum air bagus untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan tubuh dari kekurangan cairan. Memang perbanyak minum air putih tidak akan meredakan nyeri perut Anda saat haid. Tapi dapat mencegah terjadinya perut kembung yang dapat memperburuk keadaan.

Anda dapat membuat infused water sendiri di rumah. Cukup campurkan irisan lemon dan mentimun dengan air putih. Infused water dapat menyegarkan tubuh Anda. Bawa selalu air ini dalam botol kecil yang dapat Anda minum kapan saja saat beraktivitas.

  • Kompres Perut Anda

Mengompres perut dapat membantu meredakan rasa nyeri saat haid. Anda dapat membuat sendiri kompres ini dengan air panas kemudian masukkan ke dalam botol. Ingat air panas bukan air yang mendidih ya.

Tempelkan botol pada area perut yang kram. Kompres ini selain dapat meredakan rasa nyeri juga dapat memberikan efek rileks pada perut.

  • Perbanyak Aktivitas

Rasa tidak nyaman yang Anda rasakan saat haid, mungkin dapat menimbulkan rasa malas untuk beraktivitas. Jangan kalah dengan rasa malas ya Ladies. Anda harus tetap bergerak dan beraktivitas, misalnya melakukan olahraga ringan.

Aktivitas fisik dapat membuat tubuh memproduksi hormon endorfin yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat haid. Selain itu, endorfin dapat memperbaiki suasana hati Anda. Lakukan olah raga ringan seperti yoga, lari-lari kecil bersepeda atau aerobik.

  • Tambah Asupan Makanan yang Sesuai Kebutuhan

Pada saat haid kurangi mengkonsumsi makanan berlemak, makanan cepat saji, dan gorengan. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi dan rendah lemak seperti kacang-kacangan, biji-bijian utuh, sayuran dan buah-buahan.

Saat haid tubuh juga memerlukan banyak asupan vitamin seperti B1, B6 dan vitamin E dan nutrisi lain seperti asam lemak omega 3 dan zinc. Mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai asupan yang dibutuhkan dapat mengurangi rasa nyeri dari kram otot atau setidaknya mengurangi ketegangan pada otot perut dan peradangan.

  • Pijat Tubuh Anda

Pemijatan ringan pada perut kram Anda dapat mengurangi rasa nyeri haid. Pijat dengan lembut dengan gerakan memutar. Pijatan bisa dilakukan sebelum haid atau ketika Anda haid.

  • Boleh Minum Obat Pereda Nyeri

Boleh-boleh saja untuk mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual di toko-toko obat. Anda bisa meminum obat seperti ibuprofen, aspirin atau asam mefenamat jika rasa nyeri tidak tertahankan. Jangan lupa baca aturan pakai dan dosis obat.

Kram perut saad haid adalah hal biasa dan hal normal yang sering dialami banyak wanita. Tapi memang tidak semua mengalami gejala yang sama saat sedang haid, ada sebagian yang tidak merasakan sakit apa pun saat haid. Jika rasa nyeri saat haid ini tidak kunjung reda, lebih baik periksakan diri Anda ke dokter.

Nah Ladies, itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara mengatasi kram perut saat haid. Semoga dapat membantu ya.

Be the first to comment on "Cara Mudah dan Ampuh dalam Mengatasi Kram Perut Saat Haid"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

CALL SMS Whatsapp BBM